Kewirausahaan Digital
Setelah saya menonton video pada channel youtube https://www.youtube.com/watch?v=CSuIqBJZcgA milik Bapak Dedi Purwana dengan seorang narasumber sekaligus IT yang berpengalaman yaitu Bapak Jaya. Pada kesempatan kali ini, membahas trend yang sedang di gandrungi anak – anak milenial yaitu tentang digital entrepreneurship. Bapak Jaya adalah Manager IT di PT Indo Guna dan dari latar belakang pendidikan beliau melaksanakan perkuliahan S-1 dan S-2 di ITB, dan beliau pernah menjadi Dekan di salah satu fakultas.
Dalam era revolusi
industry 4.0 literasi digital sangat penting dimiliki oleh kalangan Mahasiswa.
Pak Jaya sudah berada di bidang IT selama 28 tahun semenjak ia menamatkan
kuliah di ITB jurusan Teknik Informatika dan lulus tahun 1991. Kemudian berikutnya
ia berkecimpung di kampus, mulai dari
dosen, kepala pusat computer di yayasan administrasi Indonesia, sampai
menjadi dekan fakultas teknologi industry Universitas Persada dan menjadi
pelaksana hariannya. Menurutnya, dunia kampus ialah dunia yang ia rindukan,
kemudian mencoba di dunia perbankan dalam mall, kemudian mencoba menjadi
tehnical manager, lalu setelah di danamon ia masuk ke Islamic danamon bank dan
terakhir bersama Bapak Dedi ikut proyek pembangunan di UNJ.
Pengalaman di government, ia ikut sebagai konsentrat di
direktorat jendral pendidikan islam, pada saat itu ia membangun project
management information system untuk dipergunakan di berbagai sub direktorat
disana. Terakhir ia masuk ke dunia industry membauat system penjualan online
warung pendidikan yang hingga saat ini masih beroperasi, menjual buku – buku
sekolah secara online dan ia masuk di indo guna grup sebagai salah satu
distributor dan menjabat sebagai manager IT.
Cara indo guna memanfaatkan teknologi digital dan
memprediksi bagaimana rencana kedepannya. Indo guna sebagai distributor pola
bisnisnya adalah management rantai pasokan tetapi di khususkan untuk makanan.
Khusus untuk makanan indo guna memiliki distribution network (memiliki cabang)
di berbagai ibu kota. Indo guna sendiri memliki teknologi yang canggih, dalam
artian saat hari ini barang di pesan, maka besok akan di antar.
Di jaman sekarang ini, teknologi sangat bermanfaat terutama
untuk para wirausaha. Ada beberapa strategi bisnis yang perlu kita tahu di era
digital ini , yaitu keunggulan kompetitif / kepuasan pelanggan, omnichannel,
big data, cybersecurity, kapabilitas digital. Di indo guna menggunakan
teknologi digital sehingga memudahkan untuk menghubungkan, jadi tanpa harus
pergi jauh pesnan customer sudah bisa terpantau di kantor pusat. Tanpa
teknologi kita akan kesulitan menghubungi atasan dan sebagainya. Di indo guna
sudah tidak ada lagi peluang karna di indo guna langsung menggunakan sistem IT
yang handal. Tantangan dan peluang bisnis digital di Indonesia. Yang pertama
mobile internet, kemudian cloud technology, kemudian internet of things, dan
yang terakhir big data. Menurut penelitian, ada 4 syarat agar masuk ke dunia
insdutry, yaitu seperti yang sudah di jelaskan di atas. Perbandingan harga
internet di Indonesia lebih murah daripada 20 negara yang di survey, Indonesia
termasuk Negara dengan kuota termurah No. 2, sedangkan untuk di urutan ke – 1
ada India. penggunaan media social termasuk tertinggi di dunia. Jakarta
dianggap ibu kota twittel dunia. Tahun 2016, pendapatan e-commerce di Indonesia
berjumlah USD 6 miliar dan 78% pengguna internet saat ini melakukan pembelians
ecara online, sekitar 75% pembelian online dilakukan melalui perangkat seluler.
Populasi penggunaan internet meningkat karena HP murah.
Prospek mahasiswa untuk menjadi digital entrepreneur. Kalau
kita ingin unggul di masa depan, maka kita harus memikirkan apa yang akan kita
lakukan di masa depan nanti. Ketika mahasiswa untuk berfikir kedepan, maka
kedepannya ia pun tak akan kaget dengan apa yang ada di depannya. Perkiraan
kedepannya pabrik modern dilengkapi sensor yang di pasang di lini produksi dan
mengirim status operasi secara online ke bagian pengendali. Digitalisasi akan
meningkatkan produktivitas tambang secara signifikan, perencanaan tambang
dilakukan dengan software yang menggabungkan pertimbangan geologi dan
peralatan.
Kemudian di sambung pada part https://youtu.be/nOSKYkkI81A , Kali ini membahas tentang kompetensi atau skill yang diperlukan untuk bisa mengambil peluang sebagai wirausaha digital dan juga berharap Pak Jaya bisa menyampaikan best practice atau ide – ide bisnis yang cocok di minati oleh insan kampus.
Pertama, tentu kita harus
menggambarkan terlebih dahulu seperti apa indikator yang harus wirausaha
miliki. Kompetensi apa atau skill apa yang diperlukan? Bagaimana cara mengambil
pelanggan baru? Bagaimana agar pelanggan kita terus membeli produk yang kita
tawarkan di tempat kita ?. misalnya saat kita memiliki outlet, bagaimana cara
kita agar menarik pelanggan masuk dan membeli produk kita? Bagaimana cara kita
agar dapat loyal terhadap kita?.
Untuk mencapai target, ada 2 model
yaitu pelanggan baru dan pelanggan lama. Kemudian di sisi lain, selalu ada
penghematan. Agar mencapai target financial, kita harus membuat pelanggan kita
puas. Sehari hari kita lihat, kita tidak memiliki pola, jadi apakah bisnis kita
bisa mematahkan sesuatu? Dan agar ini bisa tercapai maka kita harus menggunakan
model dan mampu mengimplementasikan kedalam kewirausahaan tersebut. Kita
sebagai wirausaha selalu berharap target yang financial. Tetapi jika untung
kita sekian, barang apa yang akan kita jual? Maka dari sini kita akan lebih
memikirkan barang apa yang akan kita jual dan bagaimana kualitas barang
tersebut. Dan pastikan jika kita menjual barang dengan harga murah, pastikan
bahwa barang selalu tersedia. Apalagi dalam bisnis makanan, pasti sering yang
namanya repeat order. Berikutnya adalah pilihan, seorang customer pasti akan
lebih suka jika di lengkapi dengan pilihan. Kemudian fungsi, apakah barang yang
kita jual relevan?. Pemilihan nama dan produk pun akan sangat berpengaruh.
Contoh kita jual Rp 80.000 dengan nama PT INDO GUNA, ini sangat tidak relevan,
dan begitu lah cara untuk membangun atau strategi sebuah brand. Kemudian
berikutnya, dari segi komponen terkait kepuasan pelanggan, harga, kualitas,
ketersediaan barang, pilihan, fungsinya, layanan mitra dan citra, apakah harus
semua ada? Menurut Pak Jaya tidak semua harus ada karna yang terpenting cukup
prioritas. Karena pasti ada segment menengah kebawah. Memang semua segi
komponen harus ada, tetapi ada diagram yang membedakan yaitu segment
pasarannya.
Untuk memuaskan pelanggan dan
meningkatkan yudilisasi asset atau kepemilikan, perlu adanya inovasi. Hal – Hal
yang mewujudkan inovasi yaitu, pertama, identifikasi peluang, misalnya ada
bahan makanan sisa, dari dari sisa ini dapat dijadikan peluang untuk dijual
kembali. Kedua, R dan D atau Reset and Development. Ketiga, rancang bangun,
artinya merancang produk tersebut sehingga HPP nya tidak terlalu tinggi.
Keempat, setelahsemua dirasa cukup dan siap barulah diluncurkan.
Selanjutnya ada beberapa kompetensi
yang di butuhkan. Pertama Komunikasi, Komunikasi adalah keterampiran penting
wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide berulang kali, promosi ke
investor atau pelanggan. Keterampilan komunikasi baik pribadi maupun
professional adalah kunci sukses wirausaha. Kedua Financial, memiliki
kecerdasan financial sangat penting dalam wirausaha. Mengendalikan arus kas
sangat penting bagi solopreneur, freelancer ataupun bisnis besar. Ketiga Merk,
setiap wirausaha memiliki merk dan setiap wirausaha adalah merk. Keempat
Marketing, seorang wirausahwan punya produk terbaik di dunia, tapi jika tidak
ada yang tahu, produk tidak akan berharga. Kelima Networking, tali silaturahmi
akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan tali silaturahmi yang dibangun,
makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha. Keenam Automatiion, melakukan hal yang
sama berulang kali, akan mengurangi produktivitas wirauaha. Jika sperangkat
lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau melakukan
pendelegasian. Ketujuth Design, beda produk bagus dan produk hebat adalah
design. Banyak wirausaha yang mengabaikan desain produk dan terburu – buru
masuk pasar sehingga menemukan kegagalan besar. Desain bukan hanya tampilan,
tetapi fungsinya. Kedelapan Analytics, belajar menganalisis menjadi hal
penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi, belajarlah membuat keputusan
berdasar data. Kesembilan Tehnical, pemrograman memang suatu keterampilan
penting dunia digital. Namun tidak semua harus bisa itu, pemahaman sederhana
tentang algoritma dan cara berpikir terstruktur, akan mengembangkan pemikiran
logis untuk pemecahan masalah yang kompleks. Kesepuluh Learning, Online
learning adalah salah satu keterampilan penting di era digital, yang akan
membantu meningkatkan kinerja bisnis.
Artikel yang sangat informatif , terima kasih fira
BalasHapusTerimakasih Infonya kakak
BalasHapusArtikel yang bermanfaat fir
BalasHapusWow! Sangat bermanfaat
BalasHapusKeren banget, terima kasih Fira informasinya sangat bermanfaat👍
BalasHapuskeren banget
BalasHapusKeren banget 👍🏻 informasinya sangat bermanfaat
BalasHapusthankyouu infonya!!
BalasHapusArtikelnya sangat menarik dan bermanfaat. Terimakasih
BalasHapus