Essay Digital Marketing Part 1

 

    Setelah saya menonton video pada laman youtube Bapak Prof Dedi, https://youtu.be/n9yB-KGt_2k  mengenai digital enterpreneurship yang akan disampaikan oleh Ibu Terry Monoarfa. Pada kesempatan kali ini bu Terrylina akan memilih materi tentang digital enterpreneurship karena kebutuhan mengenai digital marketing begitu penting bagi para interpreneur muda karena kemjuan teknologi informasi dan komunikasi di era disruptif ini menjadi hal yang harus dan wajiib kita pahami dan kita lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran dalam dunia kewirausahaan. Kemudian kita ingat lagi bahwa era pandemic covid semakin mengakselerasi dan membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan, tanda Ketika orang sudah tidak bisa mengakses cara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan maka media digital menjadi satu satunya solusi dalam masa pandemic ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital.

 

            Sebelum masuk tentang apa itu digital marketing dan bagaimana implementasi dari digital marketing dimulai dari merancang sebuah strategi yang menggunakan konsep digital marketing sampai dengan mengimplementasi dan melakukan evaluasi atau controlling maka ada beberapa fenomena atau beberapa data yang akan ditengahkan kepada teman – teman mahasiswa agar kita mendapatkan sebuah gambaran yang jelas tentang kondisi kita sekarang dan mengapa digital marketing sangat penting untk dipelajari dalam konsep kewirausahaan.

 

            Digital Enterpreneurship menurut Zamco Canker disebutkan bahwa di Internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future. Melalui kutipan ini dapat terlihat jelas bagaimana peran dan teknologi digital telah mengubah dunia saat ini, yang semula beberapa media konvesional dianggap selalu paling terakhir namun demikian seiring perkembangan zaman maka internet dan tekonologi digital menguasai dunia dan mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis bahwa kita harus bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen agar kita tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha. Dan disini disebutkan juga has to be our future yang berarti jika kita ingin menguasai masa depan maka kita harus menguasai digital teknolog, begitupun dengan teori Darwin yang mengatakan bahwa sebenarnya manusia yang berhasil, yang sukses, yang bisa memenagkan pertempuran itu bukan yang paling kuat bukan yang paling besar tetapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahan, maka dengan banyaknya berbagai perubahan yang terjadi mau tidak mau kita harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada termasuk dengan digital teknoligi yang saat ini sedang berkembang pesat.

 

            Menurut data di bulan Januari Tahun 2019 terlihat pada saat itu populasi di Indonesia adalah 268,2 juta. Kemudian terlihat juga dari 268 juta penduduk di Indonesia maka 150 juta di antaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet jadi mereka sudah menggunakan internet. Kemudian keseluruhan dari pengguna internet ini sudah mengakses atau aktif menggunakan social media , bahkan dita ini juga terlihat bahwa dari 150 juta pengguna media sosial aktif ini menggunakan atau mengakses media sosialnya menggunakan mobile phone sekitar 130 juta. Jadi hampir 80% pengguna aktif media sosial menggunakan smartphone yang artinya hampir seluruh atau kebanyakaan orang saat ini menggunakan smartphone. Jadi saat ini smarthphone bukan lagi menjadi barang mewah karena hamper setiap orang menggunakannya dan setiap smartphone sudah tersedia aplikasi sosial media sehingga banyak orang melakukan pemasarannya melalui sosial media di smarthphonenya.

 

            Selanjutnya yaitu pada data di bulan Januari tahun 2020 atau satu tahun setelah Januari 2019 terlihat penambahan 1,1% populasi, yang semulanya 268,2 juta dan terjadi penambahan penduduk sekitar 2,9 juta. Kemudian, Ketika penduduknya bertambah 1% ternyata pertumbuhan penggunaan mobile phone atau penggunaan smartphone disini adalah tumbuh sebesar 4,6% jadi lebih cepat pertumbungan penggunaan mobile phone dibandingkan pertumbuhan jumlah populasi.

 

            Kemudian lanjut pada data di tahun 2019 tentang beberapa sosial media platform yang paling banyak digemari oleh pengguna media sosial, mulai dari youtube, whatsapp, facebook, Instagram, line, twitter, dan lain – lain. Mengapa ini semua dilakukan? Karena wawasan baru atau informasi bagi para pelaku usaha setidaknya para pelaku usaha bisa mempertimbangkan bahwa ia harus memasang sebuah iklan melalui media – media atau melalui media sosial platform ini, karena nyatanya media sosial ialah yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna sosial media. Hal ini juga dapat kita refleksikan ke diri kita sendiri sebenarnya kalau di handphone kita ada beberapa media sosial yang kita buka. Kemudian ada beberapa fenomena dari data yang kita hadapi yang menjadi pertimbangan kenapa wirausahawan muda perlu atau memandang penting untuk aktif merancang sebuah strategi dalam konteks digital marketing.

 

            Lalu, bagaimana kita merancang sebuah strategi yang kita lakukan agar usaha kita lebih berkembang dan produk kita lebih dikenal ? dan bagaimana produk kita dapat bersaing dengan produk lain?. Melaui sostac marketing diagram. Pertama yang harus dilakukan ialah situation analysis, kalau kita menggunakan digital marketing maka kita perlu tahu terlebih dahulu situasi analysis adalah menjelaskan tentang where we now atau sekarang posisi kita, kemudian ketika kita sudah menyusun tentang situasi mulai ISIS kita  akan Menyusun pola sebuah objektif atau tujuan Baduy wontube atau seperti apa tujuan kita sehingga kenapa kita udah tahu posisi sekarang dan tujuannya apa kemudian langkah berikutnya adalah tentang strategi, maka strategi ini akan membicarakan hal bagaimana caranya kita dapat mencapai tujuan itu kemudian kita akan persempit atau mengecilkan lagi strategi yang kita buat. Berikutnya adalah disusun tactics atau disini keteranngannya How exactly yaitu melindungi dengan cara – cara yang lebih generic yang kita lakukan untuk mencapai tujuan.

 

            Membahas satu persatu sostac, pertama ialah situation analysis disini kita akan berbicara tentang where are we now? dimana ada gold performance atau yang biasa dikenal 5s. 5s dalam digital marketing ini adalah sale kita, dimana kita mencatat bagaimana sale kita dan tingkat penjualan kita seperti apa . kemudian s yang ke-2 adalah search, search ialah bicara tentang value edit, jadi bagaimana kita selama ini memberikan pelayanan kepada pelanggan kita dan mengevaluasi pelayanan kita terhadap pelanggan. Kemudian s yang ke-3 adalah save, yaitu sudah cukupkah kita efisien dalam hal kos yang sebelumnya kita menggunakan media konvensional sudah bisa dapat dipastikan dalam kos kita tidak efisien. Kemudian s yang ke-4 yaitu speak, speak berbicara tentang bagaimana kita membangun Englishmen dengan klasemen kita, bagaimana kita mampu mengkomunikasikan produk atau layanan yang kita punya kepada konsumen kita. Artinya strategi kita sudah cukup efektif kah bisa menyentuh atau mencapai konsumen kita. Kemudian s yang ke-5 adalah sizle, sizle disini ialah bagaimana kita melakukan extensi terhadap produk dan layanan yang kita punya.

 

            Kemudian ada objectives, where do we went tobe? Yaitu 5s objektif dan Menyusun langkah strategi. Lalu kemudian strategi, How do we get there?, mulai dari segmentasi hingga tools. Kemudian Tactics, How exactly do we get there?, terjun pada e-marketing mix hingga e-campaign. Selanjutnya actions, The details of tactics, who does what and when, melakukan respon yang baik kepada pelanggan. Terakhir control, How do we monitor performance? Melakukan 5s objektif, analisis melalui web hingga proses aksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewirausahaan Digital

Mengenal Skin Barrier